PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DI MATA PELAJARAN PPKn UNTUK SISWA SISWI SMK NEGERI 1 BATEALIT JEPARA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DI MATA PELAJARAN PPKn UNTUK SISWA SISWI SMK NEGERI 1 BATEALIT JEPARA

WAHYU WIDHI HASTUTI, S.Pd.

kentik.anesh@gmail.com

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batealit Kecamatan Batealt Kabupaten Jepara dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah dalam pembelajaran PKn pada materi struktur organisasi kelas  dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran PKn belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga membuat siswa kurang fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sintaks model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan keterampilan dalam proses pembelajaran yang mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase 60% dan siklus II sebesar 7%. Dan terlihat juga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM yaitu 25 siswa dengan presentase 65% dan siklus II siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan menjadi 30 siswa dengan presentase 92%. Hal ini dikarenakan pada model Project Based Learning, siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yang akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, keterampilan dan hasil belajar siswa

Kata kunci : pembelajaran PPKn melalui metode PJBL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *