PROFIL

KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

SMK NEGERI 1 BATEALIT


Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan salah satu jurusan yang termasuk Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan yang ditempuh selama 3 (tiga) tahun masa belajar. Untuk mempersiapkan peserta didik secara profesional sebagai teknisi akuntansi yang handal, pembelajaran di SMK Negeri 1 Batealit meliputi 30% teori dan 70% praktik yang meliputi pembelajaran akuntansi manual dan Akuntansi Komputer (MYOB). Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Batealit bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui penerapan akuntansi baik perusahaan jasa, dagang, manufaktur, serta instansi pemerintah / lembaga.

Peserta didik Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga diharapkan dapat melakukan siklus akuntansi minimal bagi diri sendiri dan perusahaan pada umumnya dan sekaligus mampu menerapkan sistem perpajakan di Indonesia. Lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Batealit siap terjun ke dunia kerja maupun berwirausaha dan dapat melanjutkan pada perguruan tinggi (kuliah), serta tidak sedikit yang melanjutkan kuliah sambil bekerja.


I. Visi, Misi dan Tujuan

a. Visi

Mewujudkan kompetensi keahlian  yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, dan professional di bidang akuntansi yang berlandaskan iman dan taqwa serta didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan lingkungan sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

b. Misi

  1. Menyiapkan tenaga di bidang akuntansi yang professional, terampil, teliti, jujur  serta beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mendidik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bekerja
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kompetensi keahlian akuntansi berbasis kecakapan hidup dan teknologi sesuai kebutuhan dunia usaha.
  4. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional di bidang bisnis dan manajemen serta mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  5.  Menjadikan sekolah menjadi pusat uji kompetensi dan sertifikati kompetensi keahlian akuntansi.

c. Tujuan

  1. Menghasilkan kelulusan peserta didik kompetensi keahlian akuntansi yang beriman, terampil, disiplin, tanggungjawab, professional dan berakhlaq mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/dunia industry
  2. Menndidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam bidang keahlian bisnis dan manajemen khususnya kompetensi keahlian  akuntansi agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekeerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah
  3. Mendidik peserta didik agar mampu memilik karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesionall dalam bidang keahlian Bisnis dan manajemen khususnya Kompetensi Keahlian Akuntansi.

II. Tenaga Pengajar (Guru)

Kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 1 Batealit didukung tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 dan S2 serta memiliki sertifikat pendidik. Jumlah tenaga pengajar ada 6 (enam). Juga memiliki 2 (dua) orang Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi  Teknisi Akuntansi (LSP-TA) Jakarta.


III. Fasilitas Pembelajaran

  1. Laboratorium Komputer Akuntansi

Dengan ruang representatif ber-AC dilengkapi dengan komputer, printer, LCD proyektor serta kalkulator.

  1. LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) SMK Negeri 1 Batealit

SMK Negeri 1 Batealit sudah memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) sejak tahun 2020. Seluruh Peserta didik dapat mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi sehingga dinyatakan “KOMPETEN” dan memperoleh sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Sertifikat kompetensi tersebut dapat digunakan sebagai nilai tambah untuk memasuki dunia kerja.


IV. Kompetensi / Materi yang diajarkan

  1. Dasar bidang keahlian
  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Administrasi Umum
  • IPA

2. Dasar Program keahlian

  • Etika profesi
  • Aplikasi pengolah angka/spreadsheet
  • Akuntansi dasar
  • Perbankan dasar

3. Kompetensi keahlian

  • Praktikum akuntansi perusahaan jasa. Dagang dan manufaktur
  • Praktikum akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah
  • Akuntansi Keuangan
  • Komputer Akuntansi
  • Administrasi Pajak
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

V. Dunia Usaha

  1. Perusahaan Jasa
  2. Perusahaan Dagang
  3. Perusahaan Manufaktur
  4. Instansi Pemerintah/Swasta

VI. Profesi / Bidang Pekerjaan

  1. Penata buku muda dalam lingkup akuntansi
  2. Kasir / teller
  3. Juru penggajian
  4. Operator mesin hitung
  5. Administrasi Gudang
  6. Menyusun laporan keuangan
  7. Tenaga Pendidik Akuntansi (Guru)