PROFIL

KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

SMK NEGERI 1 BATEALIT



I. Apa Itu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif?

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif atau disingkat TKRO merupakan salah satu Kompetensi Keahlian Pada Program Keahlian Teknik Otomotif. Pada Kompetensi Keahlian atau Jurusan TKRO siswa akan belajar dalam bidang otomotif khususnya pada mobil. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pada jurusan ini peserta akan mempelajari Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif,  Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan serta Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Sekarang ini sekolah sudah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan berbagai perusahaan otomotif terkemuka seperti Toyota, Isuzu, Suzuki dan Lain-lain. Bahkan Jurusan TKRO ini merupakan Jurusan atau sekolah Binaan dari Suzuki. Dengan kerjasama tersebut diharapkan pengetahuan dan ketrampilan siswa semakin meningkat dan lulusan akan memiliki keterampilan yang qualified sehingga mudah terserap pada dunia kerja.


II. Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan dari Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yaitu mempersiapkan :

Siswa/siswi yang terampil dalam bidang mesin otomotif baik yang manual maupun elektronik, sehingga setelah tamat siswa dapat bekerja di perusahaan otomotif, bengkel – bengkel otomotif atau dapat membuka usaha sendiri dengan mengembangkan ilmu yang telah didapatkannya.


III. Ruang Lingkup Pekerjaan/Prospek Kerja Lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang meliputi :

  1. Bengkel Dealer Resmi (teknisi/mekanik, pelayanan suku cadang).
  2. Industri (operator pada teknisi perakitan dan teknisi produksi)
  3. Berwirausaha

IV. Tenaga Pengajar (Guru)

Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Batealit didukung tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1  memiliki sertifikat dari Dunia Usaha Di bidang Otomotif. Jumlah tenaga pengajar ada 5 (Lima) dan 1 toolman.  Juga memiliki 4 orang ASESOR KOMPETENSI  yang bersertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.


V. Fasilitas Pembelajaran

1.   Merupakan Sekolah Binaan Suzuki Terutama Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

2.   Laboratorium Otomotif

3.   LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) SMK Negeri 1 Batealit

SMK Negeri 1 Batealit sudah memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) sejak tahun 2020. Seluruh Peserta didik dapat mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi sehingga dinyatakan “KOMPETEN” dan memperoleh sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) atau dari Lembaga Sertifikasi Profesi LSP P1 SMK N 1 Batealit dimana sertifikat tersebut dapat digunakan sebagai nilai tambah untuk memasuki dunia kerja.


VI. Kerjasama Dengan DUDI

  1. PT. Sejahtera Sinindo Trada (Suzuki) Semarang
  2. Toyota Surya Indah Motor Jepara
  3. Suzuki Remaja Adidaya Motor Jepara
  4. PT. Sun Star Motor Jepara
  5. Dan Bengkel-bengkel Non dealer di sekitar Jepara