PROFIL

KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BOGA

SMK NEGERI 1 BATEALIT


Tata boga adalah ilmu yang terkait dengan seni dalam memilih bahan makanan, menyiapkan, memasak, hingga menghidangkan makanan yang bersifat tradisional maupun internasional.Kompetensi Keahlian Tata Boga SMK Negeri 1 Batealit merupakan kompetensi keahlian yang memberikan pelajaran di bidang Pengolahan dan Penyajian Makanan Baik Oriental maupun Kontinental, pengolahan produk pastry dan bakery serta diajarkan pula materi tata hidang dan table manner.


I. Visi, Misi dan Tujuan

a. Visi

Menghasilkan lulusan tenaga pengolahan makanan dan minuman untuk mengisi lowongan kerja di bidang Tata Boga yang terampil, disiplin, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/dunia industri.

b. Misi

  1. Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan pendekatan pembelajaran teori dan praktik.
  2. Meningkatkan kualitas pendidik melalui Sertifikasi Kompetensi dan On Job Training (di industri dan lembaga diklat).
  3. Mengembangkan potensi siswa melalui pembinaan mental dan kedisiplinan.
  4. Melaksanakan layanan prima dalam pengelolaan kompetensi keahlian.

c. Tujuan

  1. Kompetensi Keahlian Tata Boga bertujuan menyiapkan lulusan yang beriman, terampil, disiplin, bertanggung jawab, professional dan berakhlaq mulia.
  2. Kompetensi Keahlian Tata Boga menyiapkan tenaga ahli menengah yang terampil dalam bidang Restaurant Service, produk makanan dan minuman, produk pastry and bakery, serta menghasilkan lulusan yang dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri

II. Tenaga Pengajar (Guru)

Kompetensi keahlian Tata Boga SMK Negeri 1 Batealit didukung tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan S-1 serta memiliki sertifikat pendidik. Jumlah tenaga pengajar ada 3 (tiga) orang.


III. Fasilitas Pembelajaran

  1. Laboratorium Pengolahan

Dengan ruang representatif yang dilengkapi dengan 10 unit kompor, meja pengolahan, serta alat pendukung lainnya seperti kulkas, freezer, dan showcase.

2. Laboratorium Tata Hidang dan Pastry Bakery

Dengan ruang representatif yang dilengkapi dengan meja hidang dan alat pastry bakery serta alat pendukung yang lain.

3. LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) SMK Negeri 1 Batealit

SMK Negeri 1 Batealit sudah memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) sejak tahun 2020. Seluruh Peserta didik dapat mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi sehingga dinyatakan “KOMPETEN” dan memperoleh sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Sertifikat kompetensi tersebut dapat digunakan sebagai nilai tambah untuk memasuki dunia kerja.


IV. Tempat Prakerin

Untuk menunjang  pembelajaran siswa di sekolah, kami melaksanakan pembelajaran di luar sekolah yang bekerja sama dengan dunia usaha.

Adapun dunia usaha yang kita jadikan mitra untuk siswa kami prakerin antara lain yaitu :

  1. Borneo bakery and cookies
  2. Dapur semar seafood jepara
  3. Lischa catering
  4. Ocean view residence hotel
  5. Palm beach resort hotel
  6. Rengkot buyut restaurant
  7. Sekuro village hotel 
  8. Syailendra hotel
  9. Tarissa coffe & café
  10. Vinn vila resto & café
  11. Waroeng mbah toekoel jepara