Games Quizizz Tingkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa

Oleh:

Tutik Haryati, M.Pd.

SMK Negeri 1 Batealit, Jepara

Pembelajaran di masa pademi menjadi sebuah tantangan bagi seorang pendidik maupun siswa. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menuntut seorang pendidik harus selalu kreatif dan inovatif dalam menyusun pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Maka tugas guru yang paling penting adalah sebagai  informator, fasilitator dan mederator. Artinya seorang guru harus dapat mengarahkan siswa supaya  minat belajar bahasa Jawa lebih matang dalam  jiwa mereka. Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi sangat dibutuhkan motivasi dan sarana mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini, pembelajaran  yang  serba mengunakan gawai dan koneksi internet yang keduanya harus dimiliki oleh siswa maupun guru.

 Permasalahan di SMK Negeri 1 Batealit yang muncul saat pembelajaran yaitu,siswa sangat bosan dan kurang termotivasi dalam pembelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran  bahasa Jawa di masa pandemi mengunakan handphone hasilnya sangat menurun. Setelah diadakannya evaluasi tentang pembelajaran bahasa Jawa hasilnya tidak sesuai harapan. Permasalahan yang lain saat pembelajaran berlangsung siswa tidak langsung membuka materi yang sudah dikirim  lewat whatsapp, geogle class room. Tetapi siswa malah sibuk main handphone yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran. Siswa merasa bosan tidak termotivasi pembelajaran yang dikirim lewat whatsapp  group atau geogle class room. Siswa  banyak terlambat dalam pengiriman hasil tugas. 

Hasil belajar  siswa  di SMK Negeri 1 Batealit, Jepara sangat menurun dari jumlah siswa dua puluh empat, hanya sepuluh siswa yang hasilnya mencapai di atas KKM. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang bisa memotivasi dan menyenangkan. Pembelajaran yang memotivasi dan menyenangkan dapat diciptakan dengan berbagai macam model, metode dan teknik.  Pengembangan media pembelajaran mengunakan komputer, laptop dan handphone, salah satunya dengan games edukatif . Games   sebagai media pembelajaran  yang diintegrasikan dengan materi atau soal-soal yang lebih menyenangkan. Hemry (2010:53-54), mengemukakan tentang dampak positif penggunaan games yang  salah satunya adalah games menyenangkan dan menghibur.

Games memberikan  latihan untuk pemecahan masalah dan logika. Games edukatif salah satunya digunakan  sebagai games yang memotivasi pembelajaran. Games quizizz dapat di terapkan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran bahasa Jawa.  Purba ( 2019:5), mengemukakan  games quizizz adalah aplikasi pendidikan  berbasis games, yang membuat aktivitas multi permainan ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan. Penggunaan games quizizz, siswa dapat melakukan latihan berulang-ulang di rumah pada perangkat elektronik mereka. Games quizizz memiliki tipe pemain avatar, tema,dan musik penghibur dalam proses pembelajaran. Games quizizz juga meningkatkan siswa untuk saling memotivasi belajar bahasa Jawa sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Siswa bisa langsung melihat nilai atau peringkat mereka di situ. Guru juga dapat memantau prosesnya dan bisa mengunduh hasilnya ketika kuis selesai. Selain itu, guru juga bisa lebih cepat dalam mengevaluasi  kinerja siswa lebih cepat dan udah.

Pembelajaran bahasa Jawa  di SMK Negeri 1 Batealit, Jepara  dengan games quizizz semakin meningkat dan siswa sangat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran.Games quizizz juga lebih efektif untuk memberikan tugas di rumah. Siswa sangat merespon dengan pembelajaran menggunakan games quizizz. Siswa  sangat termotivasi dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sehingga pembelajaran lebih bersemangat dan nilai menjadi meningkat. Dengan games quizizz siswa lebih semangat dalam mengerjakan tugas dan cepat pengiriman hasil tugas. Bahkan nilai siswa hasilnya sudah banyak  di atas KKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *