Pemanfaatan Squid dan AZ Screen Recorder dalam Pembelajaran Fisika

Pemanfaatan Squid dan AZ Screen Recorder dalam Pembelajaran Fisika

Oleh :
Lutfiati, S.Pd
Guru Fisika SMKN 1 Batealit, Jepara

Semua pihak perlu memegang komitmen untuk meningkatkan pendidikan matematika. Pasalnya, selama ini peringkat prestasi matematika dan sains siswa Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) masih rendah. Komitmen kuat diperlukan guna mengejar ketertinggalan. Tak perlu diragukan lagi bahwa kegiatan belajar fisika di sekolah dianggap cukup menyulitkan bagi siswa. Apalagi selama masa Pandemi Covid-19 ini, siswa sekolah belajar dirumah secara daring.
Yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab siswa menganggap fisika adalah musuh dalam pelajaran sekolah? Bagaimana tips untuk guru agar pelajaran fisika mudah dipahami? Supaya bisa mencapai pembelajaran fisika yang baik dan optimal disaat pandemi ini maka penulis mencoba untuk mencari media pembelajaran yang cocok digunakan pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Batealit Jepara. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu mempermudah memahami pelajaran fisika dengan aplikasi Squid dan AZ Screen Recorder yang sudah tersedia di HP android saat ini.
Squid adalah aplikasi untuk menulis tangan pada HP android. Dengan Squid penulis dapat menulis seperti diatas kertas atau papan tulis dengan menggunakan jari sehingga sangat cocok bagi penulis untuk menjelaskan pelajaran fisika dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sedangkan Az Screen Recorder adalah aplikasi pada android yang berfungsi untuk merekam video tampilan gambar di layar HP android. Jadi untuk memberikan tutorial atau untuk mengajar bisa menggunakan aplikasi ini.
Dalam pelajaran fisika banyak guru merasa kurang puas kalau tidak bisa menjelaskan secara langsung dengan menulis atau memberi catatan-catatan dipapan tulis, walaupun sudah menggunakan media pembelajaran seperti Power Point atau yang lainnya. Bahkan saat ini banyak materi pelajaran fisika yang sudah ada di Youtube, sehingga guru hanya mengirim link-nya kepada siswa melalui group WhatsApp tapi sebagai guru fisika penulis masih merasa kurang puas dari hasil tutorial yang ada di Youtube tersebut karena mungkin materinya terlau panjang, tidak sesuai dengan karakter siswa. Maka dengan aplikasi Squid dan AZ Screen Recorder ini guru dapat membuat bahan ajar sendiri yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.Dalam hal ini Penulis dapat membuat coretan, gambar dan tulisan sebagai penekanan dalam menjelaskan materi fisika yang dilengkapi dengan video dari hasil rekaman pada aplikasi AZ Screen Recorder. Walaupun saat ini masih dalam masa PJJ tetapi dengan aplikasi ini guru dapat menjelaskan kepada siswa melalui rekaman video tersebut yang tentunya sudah disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan aplikasi ini berhasil meningkatkan prestasi belajar fisika siswa di SMKN 1 Batealit Jepara atau tidak, diakhir video penulis memberikan soal yang harus dikerjakan siswa dan hasilnya dikirim lewat pesan WhattsApp. Dari semua hasil jawaban siswa yang dikirim dapat menunjukkan bahwa media ini efektif dalam memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Batealit Jepara dimasa pembelajaran jarak jauh ini. Karena setelah menggunakan aplikasi ini, sebagai contoh : nilai fisika siswa kelas X program keahlian TKRO 1 SMKN 1 Batealit yang berjumlah 36 siswa, 81 % siswa ( 29 siswa ) bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau lebih dan 19 % siswa (7 siswa) yang masih mengikuti program remidial.
Dengan penggunaan Squid dan AZ Screen Recorder ini sebagai solusi untuk pembelajaran fisika menjadi mudah dipahami. Sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa pelajaran fisika ditakuti, walaupun saat ini masih dalam PJJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *